Saturday, September 17, 2011

Sedap Malam | Bunga Sedap Malam


Bunga Sedap Malam | Semua tentang Bungan Sedap Malam


Bunga sedap malam adalah tumbuhan hijau dari suku Agavaceae. Nama Asli Bunga Sedap malam adalah Polianthes tuberosa. Bunga sedap malam adalah bunga yang sangat di kenal di Indonesia walaupun bukan asli Indonesia. Bunga sedap alam biasanya sebagai bunga potong dan digunakan sebagai bawan parfum atau wewangian lainnya. Bunga sedap malam diakui sebagai bunga yang berasal dari mexico dan dibawa ke Indonesia sejak masuknya bansa Eropa dan Cina.

Bunga ini dikenal debagai bunga sedap malam karena mekar dan mengeluarkan aroma yang sangat wangi saat malam hari. Karena sudah menyebar dan terkenal di seluruh dunia makan Bunga sedap malam pun mempunya nama yang berbeda pada setiap negara. beberapa contoh nama sedap malam pada beberapa negara.

Nama bunga sedap malam di India bagian timur adalah ratkirani, yang berarti "ratu malam".
Nama Bunga sedap malam di Singapura bunga ini dinamakan xinxiao, yang berarti "tempat ngengat hinggap".
Nama Bungan sedap malam di Persia, bunga ini disebut maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan.

Bunga sedap malam juga digunakan di Hawaii untuk pengantin dan dahulu di zaman Viktoria digunakan sebagai bunga kuburan. Harum bunga sedap malam digambarkan sebagai kompleks, eksotis, manis, dan khas bunga.

Ciri dan Diskripsi. Bunga Sedap Malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpan makanan. Umbi bunga Sedap Malam juga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Daun bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilat di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Pada pangkal daun terdapat bintik-bintik berwarna kemerah-merahan. Daun dapat berukuran hingga sepanjang 60 cm.

Tangkai bunga sedap malam muncul di ujung tanaman berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Di setiap ruas muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa. Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga (terkadang lebih) dengan mahkota bunga berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujung.

Mekarnya bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) tidak serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga sedap malam bagian bawah akan mekar terlebih dahulu lalu menyusul kuntum-kumtum bunga sedap malam di atasnya secara berurutan.

Bunga Sedap Malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong bunga yang menjadi flora Identitas provinsi Jawa Timur ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari.

Pemanfaatan. Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk berbagai keperluan. Selain itu bunga Sedap Malam juga dapat diolah sebagai bahan pembuat parfum.

Klasifikasi ilmiah:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Agavaceae
Genus: Polianthes
Spesies: Polianthes tuberosa L.

Source :
id.wikipedia.org/wiki/Sedap_malam
alamendah.wordpress.com
plantamor.com/index.php?plant=1437

No comments:

Post a Comment